Kamis, 22 Januari 2015

Khasiat dan Manfaat petai untuk kesehatan

petai ,siapa yang ta kenal dengan buah yang satu ini .aromanya yang menyengat ,biasanya membuat orang meskipun suka banget gengsi untuk memakan nya .tapi sekarang buang jauh-jauh rasa gengsi itu ,Pasalnya, petai mempunyai tidak sedikit khasiat buat melindungi badan manusia dari gempuran beraneka ragam penyakit. petai atau tidak jarang serta dinamakan pete (Parkia speciosa) yakni tumbuhan tropis dari suku polong-polongan (Fabaceae) dan anak suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini menyebar liar di kepulauan nusantara bidang barat.

Orang Jawa dan Sumatera dikenal senang mengonsumsi petai bujang, baik mentah, digoreng ataupun direbus. Bahkan di Jawa, petai china atau dikenal bersama nama kemlandingan tidak jarang dimakan dengan kelapa jejaka jadi makanan trancam atau botok. Ada serta penduduk di Gunungkidul, Yogyakarta, menjadikannya tempe. Namanya tempe manding.

petai nyata-nyatanya menyehatkan. Namun perihal paling mengejutkan, buah yg enteng didapat di pasar-pasar tradisional Pulau Jawa dan Sumatera, terutama diwaktu panen, terbukti dapat melawan seluruhnya type kanker

Petai dianggap sbg spektrum anti mikroba pada infeksi bakteri dan jamur, efektif kepada parasit internal dan cacing, mampu mengatur tekanan darah yg terlampaui tinggi dan bermanfaat sbg anti depresan, memerangi stres dan panik.

Tak itu saja, bahkan pembuat obat terkemuka didunia, menyebut, sesudah lebih dari 20 tes laboratorium yg dilakukan sejak th 1970, terungkap bahwa : Petai sanggup menghancurkan sel-sel ganas lebih kurang 12 type kanker, termasuk juga kolon, payudara, prostat, paru-paru dan pankreas.

Senyawa yg dihasilkan buah ini menunjukkan 10.000 kali lebih baik dari product adriamycin, obat kemoterapi yg biasa dipakai pasien kanker dî dunia yg berfungsi memperlambat pertumbuhan sel kanker. Kelebihan petai yang lain, kendati ekstrak buah petai bisa menghancurkan sel-sel kanker ganas tapi tak ikut-ikutan menghancurkan sel-sel yg tetap sehat.

Petai mempunyai protein empat kali lebih tidak sedikit, karbohidrat dua kali lebih tidak sedikit, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral yang lain. Petai ialah sumber energi yg baik, yakni 142 kkal per 100 g biji.

Petai mengandung tiga macam gula alami, merupakan sukrosa, fruktosa, & glukosa yg dikombinasikan bersama serat. Kombinasi itu sanggup memberikan dorongan tenaga instan, namun pass lama & lumayan gede efeknya.

Kandungan fosfor kepada petai pun lumayan baik, yakni 115 mg per 100 g biji. Fosfor yaitu mineral ke-2 terbanyak sesudah kalsium. sekitar satu prosen berat badan kita terdiri dari fosfor. DNA & RNA di dalam badan kita terdiri dari fosfor dalam wujud fosfat, begitu pun membran sel yg meringankan menjaga permeabilitas sel. Sebahagian gede fosfor diserap badan dalam wujud anorganik, khususnya di bidang atas duodenum sampai 70 %.

Petai pula mengandung vitamin C yg pass tinggi, yakni 46 mg per 100 g biji. Vitamin C amat mutlak perannya dalam proses hidroksilasi asam amino prolin clan lisin, jadi hidroksiprolin clan hidroksilisin. Perannya yaitu dalam proses penyem­buhan luka pun daya tahan badan melawan infeksi & stres. Umumnya keperluan badan dapat vitamin C merupakan 75 mg per hri terhadap perempuan & 90 mg per hri. terhadap cowok dewasa.

Kandungan vitamin A terhadap petai serta lumayan baik, merupakan 200 IU per 100 g. Vitamin A berperan menjaga supaya kornea mata senantiasa sehat. Mata yg normal rata-rata mengeluarkan mukus, merupakan cairan lemak kental yg dikeluarkan sel epitel mukosa, maka menunjang mencegah terjadinya infeksi. Tapi, seandainya kekurangan vitamin A, sel epitel bakal mengeluarkan keratin, ialah protein yg tak larut dalam air & mukus.

  • Meningkatkan mood:Anda mengalami penurunan mood, dan selalu merasa susah dan bersedih?. Menurut penelitian yang dilakukan kepada orang yang mengalami penurunan suasana hati, lebih banyak dari mereka yang kembali pulih setelah makan petai. Hal ini karena petai mengandungi tryptophan, yaitu sejenis protein yang mencetuskan hormon serotonin, yang telah dikenal dapat membuat orang menjadi rilekst, meningkatkan mood, dan sakhirnya membuat perasaan gembira.
  • Sindrom pramenstruasi(PMS) :Lupakan lah obat-obatan kimia utk mengatasi sindrom pra menstruasi, & beralihlah bersama makan petai. Vitamin B6 yg terkandung dalam petai bisa menetralkan glukosa dalam darah, yg pula dapat meningkatkan mood.
  • Anemia :Petai mengandung Zat besi yg tinggi, maka dapat merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. bersama begitu, makanlah petai kalau Kamu mengalami gejala kurang darah atau anemia.
  • Tekanan darah :Buah tropik yg satu ini pula teramat tinggi mengandung kalium, tapi rendah garam. dgn begitu, petai amat baik utk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. US Food and Drug Administration sudah membenarkan, apabila petai yakni buah yg mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi & stroke.
  • Otak :200 pelajar di satu buah sekolah di Twickenham sudah menolong uji penelitian dgn makan petai kala sarapan & makan tengah hri dalam bisnis utk meningkatkan kebolehan otak mereka. Hasil penelitian ini sudah menunjukkan bahwa kalium yg tidak sedikit terdapat dalam petai yg meringankan para pelajar jadi lebih peka.
  • Sembelit :Petai Tinggi serat, maka memasukkan petai kedalam diet dapat meringankan kesehatan pencernaan. Serat teramat dibutuhkan usus buat menolong proses makanan, maka lebih serentak dikeluarkan dari badan. Dgn begitu, sembelit bakal jauh dari kita seandainya gemar makan petai.
  • Kecapekan :Lantaran petai mengandung 3 kategori gula seperti yg sudah disebutkan di atas, sehingga dirinya dapat juga menopang mengatasi rasa kelelahan diwaktu kita sedang beraktifitas fisik.
  • Menenangkan Saraf :Petai tinggi mengandung vitamin B , merupakan yg mampu menopang menenangkan system saraf. Bersama begitu, perasaan rileks dapat serentak Kamu rasakan sehabis jalankan pekerjaan teratur tugas Kamu.
  • Maag :Petai bisa pula dimanfaatkan juga sebagai makanan buat penderita ganjalan lambung dikarenakan bersifat lembut. Petai yakni satu-satunya buah yg boleh dikonsumsi mentah oleh penderita maag kronis. Buah ini bisa menetralkan kelebihan asam, & bakal mengurangi iritasi dgn berikan lapisan dinding lambung.
  • Mengurangi dampak tidak baik Merokok :Petai serta bakal menunjang orang yg cobalah utk mogok mer*kok. Vitamin B6, B12, kalium & magnesium yg terdapat dalam petai dapat menunjang memulihkan paru-paru akibat resiko jelek zat nikot*n.
  • Depresi :Kalium adalah elektrolit mutlak bagi kesehatan, sebab menolong menormalkan detak jantung, menyuplai oksigen ke otak, pula menyeimbangkan kadar air dalam badan. Kalau kita sedang depresi, sehingga kadar metabolisme kita dapat meningkat & dapat mengurangi kadar kalium dalam darah. Petai tinggi kalium, maka bagus utk menopang system metabolisme & mengatasi depresi. Baca : Kegunaaan Kalium bagi kesehatan Badan Manusia Disini
  • Stroke :Menurut ulasan “The New England Journal of Medicine” , makan petai yang merupakan sektor dari diet rutin bakal mengurangi risiko kematian akibat strok sampai 40%.
  • Awet jejaka :Petai tinggi mengandung protein yg bermanfaat utk meregenerasi kulit, maka bakal menopang kita biar awet bujang. Bahkan petai diimpor, & menurut berita dapat dijadikan juga sebagai bahan kosmetik disana.
  • Cacingan :Kemungkinan dikarenakan kandungan belerang & tanin didalam petai, maka buah ini adalah makanan yg efektif utk mengatasi masalah cacingan. Cacing perut seperti cacing kremi dll bakal mati atau serentak ke luar dari perut kita. 
  • Menambah nafsu makan :Seandainya Kamu mengalami penurunan nafsu makan, sehingga petai bisa saja mampu meringankan Kamu. Tidak Sedikit orang sudah membuktikan, jikalau selera makan mereka meningkat jikalau makan dgn petai dalam tidak sedikit kiat.

itulah Khasiat dan manfaat petai untuk kesehatan,semoga info ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar